Welcome to my blog !

Hello everyone, thank you for visiting my blog ^^v

Minggu, 06 Januari 2013

Jangan Menganiaya Pancasila


Nama    : Afifah Rizki Y
Tugas    : Pendidikan Pancasila


Manusia harus dituntun oleh kelima sila dari pancasila: oleh rasa ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, oleh kesadaran untuk memperkokoh Persatuan Indonesia, oleh sikap yang menjunjung tinggi Kerakyatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalm permusyawaratan perwakilan, dan untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Pengamalan pancasila tidak lain bertujan untuk mewujudkan kehidupan pribadi dan kehidupan bersama yang dicita-citakan, kehidupan yang dianggap baik. Dan untuk merasakan kehidupan yang dianggap baik itulah tujuan dari pembangunan bangsa.
Dengan bekal penghayatan pancasila dan dengan mengamalkannya oleh setiap manusia Indonesia, maka gerak pembangunan yang kita lakukan bersama sama akan berjalan lurus dan tiba dengan selamat kepada tujuannya. Pancasila aslaj dasar tujuan kehidupan bangsa Indonesia maka setiap gerak,arah, cara-cara melaksanakan pembangunan itu harus senantiasa dijiwai oleh pancasila. menurut Notonegoro dapat diistilahkan bahwa bangsa Indonesia berpancasila dalam tri-prakara, dalam tiga jenis yang bersama-sama dimiliki, yaitu berpancasila adat budaya, ber-Pancasila dalam bidang religious, dan ber-Pancasila dalam kenegaraan, yang selanjutnya tidak ada pertentangan antara Pancasila adat budaya, Pancasila religious, ketiga-tiganya saling memperkuat. Negara berpancasila berarti memperkuat memperkembangkan bangsa Indonesia beragama dan berkebudayaan. Ber-Pancasila dalam bidang religious dan adat budaya dapat memperkuat dan mengembangkan Pancasila dalam kenegaraan. Dengan adanya hal tersebut kehidupan dalam dalam adat budaya dapat disatukan oleh Pancasila, sehingga tidak ada pertentangan budaya satu dengan yang lain, karena pada dasarnya adat budayanya sama. Demikian juga dalam hidup keagamaan juga dapat disatukan oleh Pancasila, sehingga tidak ada pertentangan antara agama satu dengan yang lainnya dan dapat hidup rukun berdampingan dan bertoleranso dengan dasar tenggang rasa. Dalam hidup kenegaraan semua rakyat Indonesia  yang beraneka suku ataunketurunan dapat hidup rukun dengan dasar Pancasila , dan memang semua sepakat hanya pancasila yang melandasi semua kehidupan kenegaraan . sehingga dari ketiga dasar tersebut maka Pancasila dalam kehidupan bangsa Indonesia dalam bermasyarakat dan bernegara berfungsi  sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia , untuk menyatukan semua kelompok yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar