Welcome to my blog !

Hello everyone, thank you for visiting my blog ^^v

Sabtu, 12 Januari 2013

Mereview Jurnal Nasional


Nama : Afifah Rizki Yunitasari
NPM:11144600103
Tugas: Psikologi Pendidikan


POTENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI DALAM PENINGKATAN MUTU
PEMBELAJARAN DI KELAS

A.    Pengantar
Perkembangan  teknologi informasi  dan  komunikasi (TIK) telah  memberikan  pengaruh  terhadap  dunia pendidikan  khususnya  dalam  proses pembelajaran. Komunikasi sebagai media pendidikan  dilakukan dengan menggunakan media- media  komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dsb. Interaksi  antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi  juga  dilakukan  dengan  menggunakan  media-media tersebut.  Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Sejalan  dengan  pesatnya  perkembangan  TIK, maka  telah  terjadi  pergeseran pandangan  tentang  pembelajaran  baik di kelas maupun  di luar kelas.

B.    Metode
Metode yang digunakan adalah metode analisis yaitu metode survey yang dilakuka terhadap data-data yang terdapat didalam sebuah laporan. Sehingga dalam jurnal ini dapat mencapai sebuah tujuan yaitu adanya hubungan TIK dalam peningkatan mutu pembelajaran.

C.    Hasil dan Pembahasan

Komunikasi sebagai media pendidikan  dilakukan dengan menggunakan media-media  komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, e-learning dan sebagainya.

Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan  TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu: 

1.   dari pelatihan ke penampilan,

2.   dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, 

3.  dari kertas ke “on line” atau saluran,

4.   fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, 

5.  dari waktu siklus ke waktu nyata. 

Untuk dapat memanfaatkan  TIK  dalam  memperbaiki  mutu  pembelajaran, ada tiga hal yang harus diwujudkan yaitu  siswa dan guru harus memiliki akses kepada teknologi digital dan internet dalam kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan guru. Yang kedua adalah  harus tersedia materi yang berkualitas, bermakna, dan dukungan kultural bagi siswa dan guru, dan yang terakhir adalah guru harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam menggunakan
alat-alat  dan  sumber-sumber digital untuk membantu  siswa  agar mencapai standar akademik.

Jika terdapat TIK dalam sebuah sekolah, maka peran guru telah berubah dari: 

1.  sebagai penyampai pengetahuan, sumber utama  informasi, akhli  materi,

dan  sumber segala jawaban, menjadi  sebagai fasilitator pembelajaran,

pelatih, kolaborator, navigator pengetahuan, dan mitra belajar; 

2.  mengendalikan  dan  mengarahkan  semua  aspek  pembelajaran,

menjadi   lebih banyak memberikan lebih banyak alternatif dan tanggung

jawab kepada setiap siswa dalam proses pembelajaran. 

Sementara itu  peran  siswa  dalam pembelajaran  telah  mengalami perubahan

yaitu: 

1.  penerima informasi yang pasif menjadi partisipan aktif dalam proses

pembelajaran, 

2.  mengungkapkan  kembali  pengetahuan  menjadi  menghasilkan  dan

berbagai pengetahuan, 

3.   pembelajaran  sebagai aktiivitas individual (soliter) menjadi

pembelajaran berkolaboratif dengan siswa lain. 

TIK mempunyai pengaruh yang cukup berarti terhadap proses dan hasil  pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas. TIK  telah  memungkinkan  terjadinya  individuasi,  akselerasi,  pengayaan, perluasan, efektivitas dan  produktivitas pembelajaran  yang  pada  gilirannya  akan meningkatkan  kualitas  pendidikan  sebagai infrastruktur pengembangan  sumber  daya  manusia secara keseluruhan. Melalui penggunaan  TIK  setiap  siswa  akan terangsang  untuk belajar maju berkelanjutan  sesuai dengan  potensi dan kecakapan yang dimilikinya. Pembelajaran dengan menggunakan TIK menuntut kreativitas dan  kemandirian  diri  sehingga  memungkinkan  mengembangkan  semua potensi yang dimilikinya. Hal ini merupakan rangsangan yang  kondusif  bagi berkembangnya  kemandirian  anak  terutama  dalam  hal pengembangan  kompetensi, kreativitas,  kendali  diri, konsistensi, dan komitmennya baik terhadap diri sendiri maupun terhadap pihak lain. 

D.    Keunggulan
Dalam jurnal ini, menurut saya terdapat keunggulan atau kelebihan yaitu bahasa yang digunakan mudah dipahami, sehingga pembaca lebih mudah mengerti apa isi dari jurnal ini. Maka dari itu, jurnal ini dapat dinikmati oleh pembaca dari berbagai kalangan, mulai dari SMP sampai orang dewasa.

E.     Kekurangan
Menurut pendapat saya kekurangan yang terdapat dalam jurnal ini adalah kurangnya data untuk membuktikan potensi TIK dalam peningkatan mutu pembelajaran di kelas. Jadi pembaca kurang mendapatkan hal yang nyata dari jurnal tersebut.                               
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar