1. 1.
Kontribusi
sastra anak terhadap perkembangan
emosional :
Dalam perkembangan selanjutnya
setelah anak dapat memahami cerita, baik diperoleh lewat pendengaran, misalnya
diceritai atau dibacakan, maupun lewat kegiatan membaca sendiri, anak akan memperoleh
demonstrasi kehidupan sebagaimana yang diperagakan oleh para tokoh cerita akan
bertingkah laku baik secara verbal maupun nonverbal yang menunjukan sikap
emosionalnya, seperti ekspresi gembira, sedih, takut, terharu, simpati dan
empati, benci dan dendam, memaafkan dan lain-lain secara kontekstual sesuai
dengan alur cerita.
2. 2.
Intelektual
jika anak membaca biografi tersebut maka
perkembangan intelektual anak akan berkembang, anak akan bertambah ilmu
pengetahuannya. Anak menjadi tahu asal mula lampu diciptakan, siapa
penciptanya.
3.
Imajinasi
dengan
membaca karya" yang dihasilkan thomas, anak dapat berangan-angan menjadi
seseorang yang dapat berguna bagi orang lain seperti apa yang telah dilakukan
thomas, berkat ciptaan"nya dia bisa terkenal karena telah memberi
kemudahan bagi hidup orang lain.
imajinasi
nya dapat berkembang sehingga anak dapat termotivasi untuk menjadi manusia yang
cerdas, dan berguna bagi orang lain.
4.
3. Pertumbuhan
rasa sosial
# setelah anak membaca biografi thomas alfa maka anak akan
bertumbuh rasa sosialnya. Di biografi tersebut ditulis bahwa thomas dikeluarkan
dari sekolahnya karena dianggap bodoh. Jadi disini anak akan tumbuh rasa
sosialnya. Anak akan berfikir bahwa jika melihat anak lain jangan dilihat dari
luarnya saja/penampilannya saja. Jangan semena2 terhadap orang yang memiliki
kekurangan, karena orang yang punya kekurangan juga mempunyai kelebihan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar